W88

Saturday, May 21, 2016

Review Samsung Galaxy A5

Hallo ketemu lagi dengan saya di Review Ponsel Android. Kali ini saya akan memberikan review samsung galaxy A5 kepada anda.

Baiklah langsung saja, salah satu fitur yang baru pada samsung galaxy a5 ini ialah adanya sensor sidik jari yang letaknya ada di tombol home. Jadi dengan adanya sensor ini bisa digunakan untuk membuka kunci layar dan juga menariknya adalah bahwa sensor sidik jari ini mampu mendeteksi secara 360º. Jadi dengan sisi dimana saja mampu mendeteksinya.

Lanjut ke bagian body, untuk kali pertama samsung memberikan body dengan sepenuhnya alumunium tentu ini memberikan sesuatu yang baru. Saat di genggam samsung galaxy A5 ini memang terasa sangat kokoh. Ukuran perangkatnya sendiri tergolong bersahabat dengan tangan meski terkadang sedikit licin tapi permukaan yang rata disisi kiri dan kanan memberikan tempat yang cukup memadai untuk memberikan tempat genggaman. Penggunaan alumunium ini ternyata tidak membuat galaxy A5 ini punya bobot yang berat dan justru sebaliknya. Dengan bobot hanya 123 gram. Desainnya tidak banyak membawa perubahan kecuali bentuk yang sedikit mengotak seperti galaxy note. Tombol fisik home yang sudah menjadi ciri khas samsung tetap ada ditengah. Disisi kanan terdapat tombol power slot micro sd dan juga slot sim card sedangkan untuk tombol volume masih ada disisi kiri perangkat. Untuk speaker ada dibagian belakang sebelah kamera cukup disayangkan memang karena posisinya bukan terbaik dan sepertinya samsung mulai belajar untuk menempatkan speaker dibagian depan.

Panel super amoled masih tetap jadi andalan samsung tidak terkecuali pada samsung galaxy a5 ini. Untuk resolusinya memang hanya 1280x720 pada layar seluas 5 inchi. Meski belum full HD tapi layar yang ada pada A5 ini sudah sangat memuaskan dengan karakteristik super amoled yang mempunyai tingkat saturasi tinggi warna pada gambar terlihat sangat bagus. Tidak hanya itu saja warna hitam pada layar super amoled memberikan efek pekat memang punya tingkat kontras yang sangat baik. Sudut untuk melihat layar sangat luas sehingga sangat nyaman untuk urusan melihat multimedia.
Bagi pengguna yang merasa sulit mengoperasikan A5 ini dengan satu tangan ada pilihan fitur satu tangan dengan cara cukup menggeser ke arah kiri dari wezel kanan layar akan otomatis mengecil. Pengguna juga bisa mengakses tombol home, multi tasking, back bahkan volume lewat sentuhan di layar.

Bicara soal software samsung galaxy a5 ini masih berjalan di kitkat versi 4.4.4 dengan kostumisasi touchwiz yang dipersenjatai dengan procesor qualcom snapdragon 410 quad-core 1,2 GHz. GPU Adreno 306 dan ram sebesar 2Gb serta memori internal sebesar 16Gb yang ditambah micro sd up to 64Gb.
Dari spesifikasi diatas ponsel ini bisa dikategorikan sangat memuaskan hal itu dibuktikan dengan kecepatan saat membuka aplikasi dan multitasking tergolong sangat cepat. Untuk performa multimedia seperti gaming cukup tergolong baik. Akan tetapi dengan kapasitas baterai yang bisa dikatakan kecil hanya 2300mah saja. Ponsel ini bisa bertahan secara scren on time selama sekitar 3 jam.


Lanjut ke bagian kamera. Samsung galaxy a5 ini dibekali kamera belakang dengan 13Mp. Resolusi 13 Mp akan bisa digunakan jika pengguna hanya menggunakan rasio 4:3 sedangkan untuk rasio 16:9 resolusinya hanya 9,6Mp saja. Bicara saturasi warna pada foto hasilnya memang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari objek aslinya. Tidak bagus memang tapi terlihat baik pada warna yang terlihat kusam. Untuk tingkat detailpun juga tergolong baik meskipun dilakukan zoom sampai 100%. Akan tetapi penggunaan itu hanya berlaku ketika penggunaan di out dor dan cahaya yang mencukupi. Berbeda dengan saat mengambil foto di dalam ruangan atau di malam hari hasilnya terasa kurang baik. Fitur HDR pada A5 ini juga bekerja secara baik dengan tingkat ekpose yang berbeda dalam kondisi yang pas hasil foto akan terlihat sangat sangat baik.
Lanjut ke kamera depan samsung a5 ini dibekali kamera dengan 5Mp untuk menunjang aktifitas selfie lengkap dengan fitur untuk membuat wajah lebih halus dan merona. Sayangnya fitur tersebut tidak didukung dengan hasil foto yang bagus. Warna terlihat kusam dan masih banyak noise disana sini.

Ok itulah review saya tentang samsung galaxy a5 ini. Sampai jumpa di review saya selanjutnya hanya di review ponsel android.
Terimakasih.

No comments:

Post a Comment