W88

Sunday, May 22, 2016

Review Sony Xperia M4 Aqua, HP Android Murah Tahan Air

Hallo.. ketemu lagi dengan saya di Review Ponsel Android. Kali ini saya akan memberikan review Sony Xperia M4 Aqua, HP Android Murah Tahan Air. Ok simak ulasan saya berikut ini..





Smartphone Android dengan kemampuan kedap air dan debu menjadi ciri khas dari smartphone premium buatan Sony, namun akhir-akhir ini Sony sering merilis smartphone murah dengan kemampuan yang sama untuk menjangkau kalangan menengah kebawah. Salah satu smartphone terbari buatan Sony yang memiliki kemampuan untuk diajak berenang dan berfoto selfie didalam air adalah Sony Xperia M4 Aqua. Tak hanya itu saja, ponsel ini juga dilengkapi dapur pacu bertenaga untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan hiburan, yang tak akan mengecewakan penggunanya.

Sony sudah membenamkan processor Octa Core Qualcomm Snapdragon 615 sebagai dapur pacu ponsel ini, kemampuan processor dengan arisitektur 64 Bit tersebut memang tak perlu diragukan lagi, dan rata-rata smartphone sekelasnya memang bergantung pada processor buatan Qualcomm. Tak lupa disediakan layar HD dengan bentang 5 inch untuk menampilkan konten hiburan penggunanya, dan Ram berukuran 2GB untuk mempercepat kinerja multitaskingnya.
Kehadiran Sony Xperia M4 Aqua versi dual sim mungkin yang anda tunggu-tunggu, namun tentu saja Harga Sony Xperia M4 Aqua versi dual sim akan dibanderol lebih mahal dari single sim. Selain itu memory internal yang dimilikinya juga berbeda-beda diantara 8 GB, dan 16 GB yang disesuaikan dengan negara pemasarannya, semoga saja nantinya yang masuk ke Indonesia merupakan memory internal 16GB, karena dukungan memory ekternalnnya maksimum hanya 32 GB.
Untuk layarnya sudah disediakan layar IPS 16 Juta warna dengan besar 5 inch dan resolusi HD 720 x 1280 pixels sehingga gambar akan terlihat tajam dan jernih karena memiliki kerapatan pixel hingga -294 ppi. Sebenarnya layar HD untuk ponsel 4 Jutaan tergolong masih kurang, karena sudah banyak smartphone lebih murah yang menggunakan layar Full HD, namun ponsel ini memiliki kelebihan lain yang membuat Harga Sony Xperia M4 Aqua patut dibanderol dengan harga mahal.
Kelebihan tersebut merupakan ketahanan terhadap air dan debu, berbekal sertfikat IP68 yang membuatnya mampu di ajak berenang pada kedalam maksimum 1.5 meter selama 30 menit. Apabila lebih dari itu pasti tekanan air akan membuat ponsel ini rusak, dan jangan sekali-kali membawa ponsel ini berenang di laut karena Sony sudah mewant-wanti penggunanya karena kadar garam yang tinggi membuat ponsel ini mudah berkarat dan membuat garansi resmi Sony hilang.
Ponsel ini dibentuk dengan dimensi berukuran 145.5 x 72.6 x 7.3 mm dan dengan berat sangat ringan hanya 135 gram. Bentuknya yang tipis membuat ponsel ini terlihat elegan, dan empat pilihan warna Black, White, Coral, Silver siap anda pilih sesuai selera masing-masing. Bentuknya yang tak terlalu besar akan mempermudah penggunanya mengoperasikan ponsel ini, tanpa perlu repot-repot menggunakan 2 tangan, dan tentu saja bodynya sudah didesain sangat baik karena tidak mungkin kemasukan air asalkan semua port tertutup secara sempurna.
Berenang di dalam air tak lengkap rasanya apabila tidak dibarengi berfoto selfie, untuk itulah sudah disediakan kamera utama 13 Megapixel dengan kemampuan Autofocus dan LED Flash beserta sensor khusus yaitu sensor lensa Sony Exmor RS yang mampu menangkap cahaya lebih banyak sehingga membuat foto tetap terang walaupun memotret didalam air ataupun malam hari. Kemampuan merekam video ponsel ini sudah Full HD 1080p, jadi anda bisa mengabadikan momen saat berenang, namun maksimum hanya selama 30 menit di dalam air.
Jangan lupa langsung cuci ponsel ini dengan air tawar saat dibawa berenang di kolam yang mengandung kadar kaporit tinggi, kemudian untuk kamera depannya sudah disediakan lensa 5 Megapixel bersudut bidik lebar 22 mm dengan kemiringan sudut pandang 88 derajat, sehingga anda bisa leluasa memotret banyak objek dalam satu bidikan. Selain itu Sony juga menyediakan aplikasi kamera yang memiliki banyak fitur menairik seperti AIR Fun, Panorama, dan mode HDR.
Pada bagian baterai sudah disediakan baterai Li-Ion berukuran 2400 mAh yang tak bisa kita copot karean desain ponsel ini berbentuk unibody dengan ketebalan sangat tipis. Baterai tersebut mampu bertahan selama 13 h 20 min (3G) saat digunakan untuk telepon, namun tentu saja saat digunakan bermain game kemampuan baterainya akan sedikit menurut mungkin hanya bisa mencapai 10-11 jam, karena semakin tinggi tingkat pemrosesan processor pasti semakin tinggi pemakaian baterainya.
Untuk bermain game dan menikmati konten hiburan yang ada, sudah disediakan processor Qualcomm Snapdragon 615 dengan kecepatan Octa Core 1.5 Ghz yang memadukan 2 buah inti processor Quad Core berkecepatan (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53). Apabila hanya digunakan untuk telepon dan mendengarkan musik baterai ponsel ini memang sangat awet karena hanya 1 inti yang bekerja yaitu Quad Core 1 Ghz, namun saat bermain game kedua inti tersebut akan berjalan secara bersamaan sesuai kebutuhan pemrosesan game tersebut.
Untuk menambah peforma ponsel ini, Sony juga memberikan Ram berukuran 2GB dan GPU Adreno 405, jadi semua game bisa berjalan secara mulus tanpa perlu khawatir mengalami lag atau patah-patah. Kemudian untuk sistem operasinya sudah disediakan OS Android Lollipop, yang secara tidak langsung akan menambahkan peforma multitasking dan efesiensi daya baterai lebih baik ketimbang smartphone Sony yang masih menggunakan OS Android Kitkat ataupun Jelly Bean.
Harga Sony Xperia M4 Aqua yang dibanderol 4 Jutaan sudah diimbangi dengan dukungan konektivitas yang lengkap, karena ponsel ini juga dibekali teknologi 4G (LTE) dengna kecepatan 150 mbps, dan sudah disediakan NFC yang bisa terhubung keperangkat yang mendukung NFC seperti Speaker Portable ataupun Headset. Kemampuan akses 3G juga cukup memuaskan karean mampu melaju dengan kecepatan 42 mbps, dan sudah disediakan Wifi berteknologi Dual Band, Bluetooth V4.1, dan microUSB v2.0 yang support USB OTG.
Kemampuan ponsel ini semakin maksimal setelah disediakan GPS dengan teknologi A-GPS dan Glonass, jadi tak akan sia-sia mengeluarkan uang hingga 4 Juta Rupiah untuk membayar Harga Sony Xperia M4 Aqua versi single sim ataupun dual sim. 
Dari review saya diatas maka disini saya bisa menyimpulkan bentuk kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh Sony Xperia M4 Aqua ini :
Kelebihannya :
  1. Harga Sony Xperia M4 Aqua cukup terjangkau karena dilengkapi kemampuan tahan air dan debu
  2. Bisa memotret di dalam air pada kedalaman 1.5 meter selama 30 menit
  3. Dilengkapi processor Octa Core dengan arisitektur 64 Bit beserta Ram 2GB dan GPU Adreno 403
  4. Didesain tipis dengan ketebalan 7.3 mm dan berat yang ringan
  5. Didukung teknologi LTE dengan kecepatan 150 mbps, dan tersedia NFC
Kekurangannya :
  1. Baterai tidak bisa dicopot
  2. Kapasitas memory eksternal maksimum hanya 32 GB
  3. Tidak bisa dibawa berenang kedalam laut
  4. Layarnya masih beresolusi HD 720p, dan belum menggunakan lapisan Gorilla Glass, hanya Scratch-resistant glass biasa.
  5. Titik sentuhan layarnya hanya 4 point padahal rata-rata HP Android 4 Jutaan mencapai 10 point
Baik itulah review saya mengenai Sony Xperia M4 Aqua, apabila ada kekurangan kata saya mohon maaf.
Sampai ketemu lagi direview saya selanjutnya. Terimakasih...

No comments:

Post a Comment