W88

Saturday, May 21, 2016

Review Samsung Galaxy J5

Hallo pembaca setia Review Ponsel Pintar.
Ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan mereview samsung galaxy j5 ini.



Langsung saja..untuk pembuka saya akan bahas soal desainnya dulu. Bentuknya buat saya masih terasa begitu begitu saja sama halnya dengan kebanyakan hand phone samsung lainnya. Hanya saja yang membedakan dari ukurannya. Galaxy j5 sendiri buat saya masih punya ukuran yang enak untuk di genggam dan mudah dinafigasikan walau menggunakan satu tangan saja. 
Beralih kebagian tombol, tombol power disisi kanan tombol volume disisi kiri letaknya sangat mudah dijangkau. Hal serupa juga berlaku untuk tombol home khas samsung.
Lanjut ke bagian body, pada samsung galaxy j5 ini bodynya dilengkapi dengan ahermate yang akan menambah rasa nyaman saat di genggam karna tidak licin dan tidak meninggalkan bekas jari. Covernya juga masih bisa dibuka dan dapat menemukan 2 buah slot sim card dan 1 buah slot micro sd up to 128gb serta baterai tentunya.
Soal sim card sendiri keduanya bisa digunakan untuk menyambungkan ke koneksi 4G. Menariknya galaxy j5 ini bisa terhubung dengan frekuensi LTE TDD 2300mhz yang artinya kartu bold bisa dipakai seperti yang terlihat dibanyak iklan.
Tapi sedikit catatan yang perlu diketahui jika kalau slot sim card ke 2 diisi dengan sim card bold seperti yang saya katakan diatas maka otomatis j5 akan mengunci penggunaan data menggunakan sim card tersebut dan tidak bisa menggunakan slot sim card pertama. Beda halnya jika kedua slot diisi dengan sim card GSM biasa maka pemakai j5 bisa leluasa berpindah-pindah mau sim card mana yang akan di pakai untuk akses internet.


Beralih ke bagian layar,  galaxy j5 ini mempunyai luas 5 inchi dengan super amoled yang beresolusi 1280x720. Soal kualitas tidak beda dengan layar ponsel samsung yang sama. Gambar tajam dengan karakteristik warna yang bersaturasi tinggi. Fleksibilitasnya diberbagai sudut serta di bawah sinar matahari masih terlihat sangat baik. Jika ada kekurangan mungkin soal saturasinya tadi karna warna-warna terlihat sangat cerah kadang gambar atau foto terlihat lebih bagus dari aslinya.

Lanjut ke bagian hardware, pada j5 ini sebenarnya sama sekali tidak special. Inti dari galaxy j5 hanya ditenagai processor snapdragon 410 dengan RAM 1,5Gb dengan adreno 306 untuk GPU. Sedangkan dibagian sistem operasi masih berbasis lolipop dengan tambahan costumisasi touchwiz untuk user interface. Meskipun sebenarnya snapdragon 410 lebih identik dengan ponsel entry level tapi ceritanya jadi lain saat dipakai di j5. Berbagai macam tugas yang saya lakukan mulai dari yang standar seperti browsing dan akses ke media sosial sampai gaming semuanya ternyata bisa dijalankan sangat baik oleh samsung galaxy j5 ini. Multitasking juga bisa berjalan dengan baik padahal ram yang ada buat saya sangat tanggung yaitu 1,5Gb saja. Meski demikian ternyata setelah saya lihat kebagian sistem manager ramnya sangat baik dengan rata-rata menyisakan ruang sebanyak 400 sampai 500Mb.

Performa ok dari samsung galaxy j5 tentu tidak lengkap tanpa didukung dengan baterai yang berukuran besar pula. Pada j5 ini kapasitas baterai hanya 2600 mah saja tapi daya tahannya patut diacungi jempol. Waktu standby 12 jam dengan scren on time sekitar 3 jam 45 menit bisa dilewati meski ada aktifitas gaming atau menonton video.

Lanjut ke bagian kamera, j5 ini dibekali kamera dengan resolusi 13Mp dengan bukaan lensa f/1.9 menurut teorinya mampu menangkap lebih banyak cahaya pada kondisi low light. Tampilan antar muka pada view filternya bersih memudahkan nafigasi saya. Dan modr yang disediakan juga cukup banyak namun jika dilihat seksama ternyata tidak ada pilihan HDR di kamera samsung galaxy j5 ini. Cukup mengecewakan tentunya.
Kualitas kamera j5 sendiri sebenarnya tergolong baik pada kondisi cahaya yang cukup. Warnanya bagus dengan detail yang cukup terjaga, sayangnya saat cahaya kurang ok noise akan bermunculan di foto dengan tingkat detail yang juga mengalami penurunan.

Dibagian depan kamera samsung galaxy j5 dilengkapi LED Flash untuk memberi bantuan saat foto di tempat dengan cahaya yang kurang. Sedangkan resolusinya sendiri hanya sebatas 2 Mp saja bisa ditebak kalau hasilnya juga akan biasa biasa saja. Nyatanya hasil foto memang terlihat kurang tajam dan noise akan bermunculan pada saat kondisi minim cahaya. Fitur LED Flash untuk mendampingin kamera depan sebenarnya cukup membantu tapi sayangnya tidak cukup menolong. 

Dengan spesifikasi yang menurut saya tidak terlalu wah..samsung galaxy j5 ini mampu memberikan pengalaman yang sangat baik layarnya bagus untuk multimedia dan mengerjakan berbagai tugas juga ok ditambah baterai yang tahan lama.
Kekurangan mungkin terletak pada bagian kamera yang biasa biasa saja tapi sebenarnya ini tidak jelek cuma terkesan biasa saja.

Ok saya rasa itu dia review saya kali ini untuk samsung galaxy j5 dan sampai ketemu lagi di review saya selanjutnya. Tentunya hanya di review ponsel pintar.

No comments:

Post a Comment